Brasil tumbang, juara Piala Dunia dipastikan dari Benua Eropa

Brasil tumbang,  juara Piala Dunia dipastikan dari Benua Eropa

Brasil tumbang, juara Piala Dunia dipastikan dari Benua Eropa

chaliceofbloodangel.com - Brasil akhirnya terdepak juga menyusul Uruguay. Dua tim asal Amerika Selatan ini sama-sama gagal melaju ke perempatfinal Piala Dunia 2018.

Uruguay kalah 2-0 atas Perancis berkat gol dari Raphael Varane dan Antoine Grirzmann, Jumat (6/7) malam. Selang beberapa jam, Brasil menelan kekalahan 2-1 atas Belgia.

Eden Hazard dkk melaju ke semifinal lewat gol bunuh diri Fernandinho dan Kevin den Bruyne. Sementara Brasil hanya membalas satu gol melalui sundulan Renato Agusto. Banyaknya bintang di tubuh skuat Brasil, tak juga membantu Selecao membawa Selecao menembus semifinal.

Praktis dengan gagalnya Brasil dan Uruguay, maka tak ada wakil dari benua tersebut di semifinal. Empat semifinalisnya dipastikan dari benua biru Eropa semua. Perancis, Belgia, Kroasia/Rusia atau Inggris/Swedia.

Amerika Selatan mengirimkan lima wakilnya. Peru gagal di babak penyisihan grup. Sementara Argentina dan Kolombia rontok di babak 16 besar.

Seperti dikutip brilio.net dari Opta, sejauh ini situasi seperti ini (di mana semua semifinalis dari Eropa) hanya pernah terjadi empat kali sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya terjadi pada turnamen tahun 1934,1966, 1982, 2006 dan 2018.

Dengan dipastikan juara Piala Dunia dari tanah Eropa. Amerika Selatan harus memperpanjang nafasnya untuk merebut trofi. Tim dari Amerika Selatan terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada tahun 2002. Kala itu Brasil yang mengangkat trofi. Setelah itu, juara Piala Eropa berasal dari benua Eropa.